Home » , , , , , , » Pengumuman Penerimaan Bintara Prajurit Karier TNI AD

Pengumuman Penerimaan Bintara Prajurit Karier TNI AD

Written By Unknown on Thursday, September 18, 2014 | 6:17 AM

Advertisements

Penerimaan Bintara TNI AD.

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat - TNI-AD adalah salah satu cabang angkatan perang dan merupakan bagian dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertanggung jawab atas operasi pertahanan negara Republik Indonesia di darat.

TNI Angkatan Darat dibentuk pada tanggal 5 Oktober 1945 bersamaan dengan dibentuknya TNI yang pada awal berdirinya bernama Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

TNI Angkatan Darat dipimpin oleh seorang Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) yang menjadi pemimpin tertinggi di Markas Besar Angkatan Darat (MABESAD). KASAD saat ini dijabat oleh Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Kekuatan TNI-AD saat ini terdiri dari 2 komando utama (kotama) tempur yaitu Kostrad, dan Kopassus. Di wilayah TNI-AD memiliki 13 Komando Daerah Militer, 44 Komando Resort Militer yang masing-masing wilayah memiliki satuan tempur tersendiri. Selain komando utama tempur, TNI-AD juga memiliki komando utama pendidikan yang mendidik para perwira dan calon perwira di Akademi Militer, Secapa, Seskoad dan komando utama pengembangan dan doktrin yaitu Kodiklat.

TNI AD
www.tniad.mil.id

Pengumuman
Pendaftaran Calon Bintara TNI Angkatan Darat
Tahun 2014
Penerimaan Bintara PK TNI AD sebagai Bagian dari penerimaan prajurit, dilaksanakan melalui kegiatan penerimaan dari warga negara yang secara sukarela ingin mengabdikan dirinya menjadi Bintara PK TNI AD melalui tahap pendaftaran, penelitian persyaratan, pemanggilan, pemeriksaan/pengujian dan pemilihan sampai diangkat menjadi prajurit siswa.

Markas Besar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat, memberikan kesempatan kepada Pemuda/Pemudi Indonesia untuk menjadi Bintara Prajurit Karier TNI AD TA. 2014.

Telah dibuka pendaftaran Calon Bintara Prajurit Karier TNI TA 2014 dengan persyaratan sebagai berikut :
  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  3. Berumur sekurang-kurangnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan tanggal 27 Oktober 2014.
  4. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Republik Indonesia.
  5. Sehat jasmani dan rohani serta tidak berkacamata.
  6. Tidak kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
  7. Pria/Wanita dan bukan anggota /mantan Prajurit TNI/Polri atau PNS TNI.
  8. Lulus SMA/MA/SMK TA 2009 sampai dengan 2010, nilai rata-rata Ujian minimal 6,5, Lulus SMA/MA/SMK TA 2011 dan 2012, nilai akhir rata-rata (gabungan Nilai Ujian Nasional dengan Nilai Ujian Sekolah) minimal 6,8, Lulus SMA/MA/SMK TA 2013 dan 2014 nilai akhir rata-rata (gabungan Nilai Ujian Nasional dengan Nilai Ujian Sekolah) minimal 6.
  9. Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
  10. Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama dalam pendidikan pertama sampai dengan 2(dua) tahun setelah selesai pendidikan pertama.
  11. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 (sepuluh) tahun.
  12. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  13. Harus ada persetujuan dari Orang Tua/Wali dan Orang Tua/Wali selama proses penerimaan prajurit TNI AD tidak melakukan intervensi terhadap Panitia penerimaan maupun penyelenggara pendidikan pertama dalam bentuk apapun, kapanpun dan dimanapun.
  14. Bagi yang memperoleh ijazah dari Negara lain atau lembaga pendidikan di luar naungan Kemendikbud, harus mendapat pengesahan dari Kemendikbud.
  15. Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan Agama/Adat.
  16. Bagi yang sudah bekerja : melampirkan surat persetujuan/ ijin dari Kepala Dinas/Jawatan/Instansi yang bersangkutan dan bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi Bintara PK TNI AD.
  17. Harus mengikuti pemeriksaan / pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi : Administrasi, Kesehatan, Jasmani, Wawancara, Psikologi dan Akademik.
Pendaftaran dibuka pada tanggal 15 September sampai dengan 8 Oktober 2014 (pada hari kerja), bertempat di :

Ajendam I/BB Medan Jalan Jend. Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Ajenrem 022/PT Pematang Siantar, Ajenrem 023/KS di Sibolga, Ajenrem 031/WB di Pekan Baru, Ajenrem 032/WBR di Padang, Korem 033/WP Tanjung Pinang.

Pendaftaran Online Bintara PK TNI

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui website penerimaan prajurit TNI di alamat :
Calon datang sendiri ketempat pendaftaran dengan menunjukkan dokumen asli dan menyerahkan photo copy masing-masing 1 (satu) lembar yang telah dilegalisir antara lain :
  1. Print Out pendaftaran Online.
  2. Ijazah dan SKHU SD, SMP dan SMA/MA/SMK).
  3. KTP calon dan KTP orang tua/wali.
  4. Kartu Keluarga.
  5. Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir.
  6. Pas Photo hitam putih 4X6 cm 2 lembar dan
  7. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
Lain-lain.
  • Selama mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pengujian/pemeriksaan, penerimaan terhadap para calon tidak dipungut biaya apapun.
  • Formulir pendaftaran dan lainnya disediakan ditempat pendaftaran, tidak menerima calon yang melakukan perbaikan Danem atau Nilai Ujian Akhir Nasional tanpa mengikuti sekolah sesuai ketentuan dari Depdiknas.
  • Bagi calon yang memenuhi syarat dari penelitian awal (administrasi) akan diberikan surat pendaftaran, pada waktu mendaftar calon diharuskan berpakaian rapi dan bersepatu.
  • Informasi lebih lanjut dapat diperoleh pada tempat pendaftaran. Hal-hal lain yang belum tercantum pada pengumuman ini akan disampaikan kemudian pada waktu pendaftaran
  • Catatan : Bagi calon yang mendaftar sebelum dan sesudah batas yang ditentukan (15 Sept s.d. 8 Okt 2014), dianggap tidak sah untuk mengikuti seleksi.
Share this article :
 
About | Privacy Policy | Contact Us | Disclaimer
Copyright © 2013. Jobelist.blogspot.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger