Home » , , , , , , » Lowongan CPNS Kementerian Sosial

Lowongan CPNS Kementerian Sosial

Written By Unknown on Saturday, August 23, 2014 | 6:02 AM

Advertisements
Lowongan CPNS Depsos - Persyaratan CPNS Depsos - Penerimaan CPNS Depsos - Kementerian Sosial - Kemsos - Depsos adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan sosial. Kementerian Sosial dipimpin oleh seorang Menteri Sosial (Mensos) yang sejak tanggal 22 Oktober 2009 dijabat oleh Salim Assegaf Al Jufri.

Visi
Visi ini mengandung arti bahwa pembangunan bidang kesejahteraan sosial yang telah, sedang, dan akan dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat ditujukan untuk mewujudkan suatu kondisi masyarakat yang masuk kedalam kategori PMKS menjadi berkesejahteraan sosial pada tahun 2014.

Kondisi ini merupakan tujuan yang realistis yang dapat dicapai selama periode lima tahun pelaksanaan RPJMN 2010-2014 sesuai dengan target yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial. Kondisi dimaksud sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial adalah kondisi terpenuhinya kebutuhan material, spiritual,dan sosial warga negara agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri, sehingga dapat melakukan fungsi sosialnya.

Secara konstitusional, visi ini merupakan jawaban terhadap amanat Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 34 di mana Fakir Miskin dan Anak Telantar dipelihara oleh Negara. Undang Undang Dasar 1945 tidak memberikan penjelasan bagaimana cara mensejahterakan fakir miskin dan anak telantar,hanya mewajibkan kepada Negara untuk memberikan proteksi terhadap fakir miskin dan anak telantar, di mana kedua kelompok sasaran ini termasuk kedalam PMKS. Undang Undang Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial menjawab pertanyaan tentang bagaimana meningkatkan kesejahteraan sosial PMKS termasuk di dalamnya fakir miskin dan anak telantar.

MDGs merupakan kesepakatan komunitas internasional terhadap penurunan angka kemiskinan di mana Indonesia ikut menandatanganinya. Dengan Konstitusi negara yang didukung oleh Undang Undang Nomor 11 Tahun 2009 memperkuat Indonesia untuk mewujudkan komitmen MDGs tersebutyang ditujukan bagi PMKS. Kesejahteraan sosial bagi PMKS dimaksud dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan rakyat dan penurunan angka kemiskinan sesuai dengan MDGs.

Dengan demikian, visi Kementerian Sosial sebagaimana tersebut di atas memiliki relevansi yang kuat dengan Undang Undang Dasar 1945, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 dan Undang Undang lainnya, serta MDGs yang harus dicapai pada tahun 2015. Oleh karena itu perlu ada komitmen kuat dari pemangku kepentingan untuk mewujudkan visi tersebut.

Tujuan Kementerian Sosial

Sebagai kementerian, Kementerian Sosial mengemban dan melaksanakan tugas sesuai dengan visi yang telah ditetapkan agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik. Agar pelaksanaan tugas dan fungsi dapat mencapai hasil yang optimal sesuai dengan visi yang telah ditetapkan, Kementerian Sosial menetapkan misi sebagai berikut:

  1. Meningkatkan aksesibilitas perlindungan sosial untuk menjamin pemenuhan kebutuhan dasar, pelayanan sosial, pemberdayaan sosial, dan jaminan kesejahteraan sosial bagi PMKS;
  2. Mengembangkan perlindungan dan jaminan sosial bagi PMKS;
  3. Meningkatkan profesionalisme penyelenggaraan perlindungan sosial dalam bentuk bantuan sosial, rehabilitasi, pemberdayaan, dan jaminan sebagai metode penanggulangan kemiskinan;
  4. Meningkatkan profesionalisme pelayanan sosial dalam perlindungan, jaminan, pemberdayaan, rehabilitasi, dan penanggulangan kemiskinan;
  5. Meningkatkan dan melestarikan nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan,dan kesetiakawanan sosial untuk menjamin keberlanjutan peran serta masyarakat dalam penyelenggaran kesejahteraan sosial;
  6. Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Lowongan Kerja CPNS Kementerian Sosial


Depsos Kemensos
www.depsos.go.id

Pengumuman 
Seleksi Penerimaan dan Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
Kementerian Sosial (Kemsos) Republik Indonesia
Tahun 2014

Dalam rangka pelaksanaan Reformasi Birokrasi dibidang manajemen SDM aparatur dan mewujudkan reformasi sistem pengadaan Aparatur Sipil Negara berbasis kompetensi, yang dilaksanakan secara transparan, objektif, kompetitif, akuntabel, tidak diskriminatif, dan bebas dari praktek KKN maka Kementerian Sosial - Kemensos akan mengadakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi Tahun Anggaran 2014.

Formasi CPNS Kementerian Sosial 2014
  1. Auditor Pelaksana
  2. Ortosis Prostetis Pelaksana
  3. Pranata Komputer Pelaksana
  4. Pekerja Sosial Pertama
  5. Penyuluh Sosial Pertama
  6. Pekerja Sosial Pelaksana Pemula
  7. Perencana Pertama
  8. Pekerja Sosial Pertama
  9. Pekerja Sosial Pelaksana
  10. Perancang Peraturan Perundang-undangan Pertama
  11. Auditor Pertama
  12. Pranata Hubungan Masyarakat Pertama
  13. Widyaiswara Pertama
Jabatan yang tersedia, Jumlah Rincian Formasi dan Unit Kerja Penempatan sebagaimana Terlampir pada menu unduh atau dapat dilihat : disini.

PERSYARATAN CPNS KEMSOS

Persyaratan Umum
  • Warga Negara Republik Indonesia, yang bertaqwa kepada Tuhan YME, setia dan taat kepada Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  • Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/TNI/POLRI;
  • Tidak berkedudukan sebagai anggota dan/atau pengurus Partai Politik;
  • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan;
  • Tidak pernah diberhentikan “dengan hormat tidak atas permintaan sendiri” atau “tidak dengan hormat” sebagai PNS/TNI/POLRI atau “diberhentikan dengan tidak hormat” sebagai pegawai swasta;
  • Bebas dari Narkotika dan Zat Adiktif lainnya;
  • Berusia minimal 18 (delapan belas) tahun dan maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun pada 01 Desember 2014;
  • Sehat jasmani dan rohani;
  • Lulusan Perguruan Tinggi yang program studinya terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada saat tanggal kelulusan bagi pendidikan Sarjana, Diploma IV dan Diploma III;
  • Mampu mengoperasikan komputer minimal program Office dan Internet;
  • Siap dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia sesuai formasi;
  • Mengikuti seluruh tahapan seleksi;
Persyaratan Khusus
  • Pendidikan SMK Kesejahteraan Sosial/Pekerjaan Sosial/Perawatan Sosial :
  • Berusia maksimal 30 Tahun pada 01 Desember 2014;
  • Nilai rata-rata 6 (enam).
  • Pendidikan Diploma III :
  • Berusia Maksimal 30 Tahun pada 01 Desember 2014;
  • IPK Minimal 3,00 (Tiga Koma Nol Nol).
  • Pendidikan Diploma IV dan Sarjana (S1) :
  • Berusia Maksimal 35 Tahun pada 01 Desember 2014;
  • IPK Minimal 3,00 (Tiga Koma Nol Nol).
TAHAPAN SELEKSI

Seleksi dilaksanakan dengan sistem gugur, terdiri dari :

Tahap I Registrasi
  • Registrasi hanya dapat dilakukan secara online melalui Internet pada situs Panitia Seleksi Nasional (https://panselnas.menpan.go.id/) Pelamar yang telah melakukan registrasi akan mendapatkan akun untuk login ke Situs CPNS Kementerian Sosial (https://cpns.kemsos.go.id/) kemudian harus melengkapi data lamaran;
Tahap II Melengkapi Data Lamaran
  • Pelengkapan Data Lamaran hanya dapat dilakukan secara online melalui Internet pada Situs CPNS Kementerian Sosial (Situs hanya dapat diakses dari dalam negeri).
  • Pelamar yang telah melengkapi data lamaran online akan mendapatkan nomor register dan formulir pendaftaran kemudian harus mengirimkan berkas lamaran.
Tahap III Seleksi Administratif
  • Pelamar yang akan diikutkan dalam proses seleksi administratif hanya pelamar yang telah melengkapi data lamaran secara online dan mengirimkan berkas lamaran.
  • Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administratif akan dipanggil mengikuti tahapan selanjutnya.
Tahap IV Tes Kompetensi Dasar

Tes Kompetensi Dasar akan dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) di lokasi sebagai berikut :
  1. Kantor BKN Pusat di Jakarta
  2. Kantor Regional I BKN di Yogyakarta
  3. Kantor Regional IV BKN di Makassar
  4. Kantor Regional VI BKN di Medan
  5. Kantor Regional VII BKN di Palembang
  6. Kantor Regional VIII BKN di Banjarbaru
  7. Kantor Regional XI BKN di Manado
Pengambilan Nomor Peserta dan waktu pelaksanaan tes akan ditentukan kemudian dan diinformasikan paling lambat 3 (tiga) hari sebelum pelaksanaan. Pelamar yang dinyatakan lulus Tes Kompetensi Dasar akan dipanggil mengikuti tahapan selanjutnya.

Tahap V Tes Kompetensi Bidang dan/atau Wawancara
  • Tes Kompetensi Bidang dan/atau Wawancara akan dilaksanakan di Jakarta. Lokasi dan waktu pelaksanaan akan diinformasikan kemudian.
Hasil seleksi setiap tahapan akan diumumkan di Situs CPNS Kementerian Sosial

TATA CARA PELAMARAN
  • Pelamar melakukan registrasi secara online (point 3.a) paling lambat tanggal 03 September 2013;
  • Pelamar melengkapi data lamaran secara online (point 3.b) paling lambat tanggal 03 September 2013;
  • Untuk dapat melengkapi data lamaran, peserta harus login terlebih dahulu (Login di Situs CPNS Kementerian Sosial hanya dapat dilakukan antara 6 (Enam) s.d. 16 (Enam Belas) Jam setelah registrasi di Situs Panitia Seleksi Nasional)
  • Mengirimkan Surat Lamaran yang ditulis dengan tulisan tangan (sesuai contoh format terlampir), menggunakan tinta hitam, ditujukan kepada Menteri Sosial RI c.q. Sekretaris Jenderal, dan dilengkapi dengan (sesuai urutan):
    1. Pas photo berwarna terbaru latar warna biru ukuran 3 x 4 cm yang telah ditulisi nama dibelakangnya sejumlah 2 lembar;
    2. Photocopy KTP yang masih berlaku sejumlah 1 lembar;
    3. Formulir pendaftaran online yang telah ditandatangani;
    4. Photocopy Ijazah yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang (1 rangkap);
    5. Photocopy Transkrip Nilai/Daftar Nilai/NEM yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang (1 rangkap);
    6. Potocopy surat akreditasi jurusan dari instansi berwenang yang telah dilegalisir (1 rangkap);
    7. Surat keterangan dari dokter yang menyatakan jenis kecacatan (khusus bagi pelamar penyandang cacat).
  • Setiap pelamar diwajibkan untuk memilih minimal satu jabatan dan diperkenankan memilih maksimal tiga jabatan sesuai formasi yang tersedia;
  • Setiap pelamar diwajibkan untuk memilih satu wilayah penempatan yang diinginkan sesuai formasi yang tersedia untuk setiap jabatan yang dipilih.
Lokasi wilayah penempatan terdiri dari :

Wilayah I Meliputi Unit Kerja :
PSAA "Darussa'adah" NAD, PSAA “Alyatama” Jambi, PSBD “Bahagia” Sumut, PSBD “Budi Perkasa” Palembang, PSBG “Ciung Wanara” Bogor, PSBL “Dharma Guna” Bengkulu, PSBN “Tan Miyat” Bekasi, PSBN “Wyata Guna” Bandung, PSBR “Rumbai” Riau, PSPP “Galih Pakuan” Bogor;

Wilayah II Meliputi Unit Kerja :
Sekretariat Jenderal, Badiklit Kesos, Ditjen. Dayasos Gulkin, Ditjen. Perlinjamsos, Ditjen. Rehsos, Inspektorat Jenderal, PSKW “Mulya Jaya” Jakarta, PSMP “Handayani” Jakarta, PSBL “Budi Luhur” Banjarbaru, PSMP “Paramita” Mataram;

Wilayah III Meliputi Unit Kerja :
BBPPKS Jayapura, BBRSBG “Kartini” Temanggung, PSBD “Wirajaya” Makassar, PSBG “Nipotowe” Palu, PSBN “Tumou Tou” Manado, PSBPLK “Wasana Bahagia” Ternate, PSBR “Naibonat” Kupang, PSBRW "Meohai" Kendari, PSBRW “Efata” Kupang, PSMP “Antasena” Magelang, PSMP “Toddopuli” Makassar, PSTW "Minaula" Kendari, PSTW “Gau Mabaji” Gowa
Berkas lamaran dimasukkan kedalam amplop coklat polos (ukuran 350 mm x 240 mm) yang mencantumkan nama pelamar, nomor register pendaftaran dan QRCode di sudut kiri atas.

Setiap pelamar hanya diperkenankan mengajukan satu berkas lamaran. Berkas lamaran dikirimkan melalui pos yang dialamatkan kepada :
  1. PO BOX 1235 JKP 10012 untuk Wilayah I;
  2. PO BOX 1236 JKP 10012 untuk Wilayah II;
  3. PO BOX 1237 JKP 10012 untuk Wilayah III.
Paling lambat tanggal 08 September 2014 (cap pos)

LAIN-LAIN
  • Tes CPNS akan dilakukan secara online dengan sistem CAT. Bahan latihan CAT CPNS : Klik Disini
  • Bagi yang tidak memenuhi persyaratan agar tidak mengajukan lamaran;
  • Berkas lamaran yang telah masuk menjadi milik Tim Pelaksana Pengadaan CPNS dan tidak dapat diminta kembali;
  • Tim Pelaksana Pengadaan CPNS hanya menerima pendaftaran secara online melalui alamat situs web dan pada tanggal tersebut diatas;
  • Tim Pelaksana Pengadaan CPNS hanya menerima berkas lamaran yang dikirimkan kepada PO BOX diatas oleh pelamar yang telah melengkapi data lamaran online;
  • Pelamar hanya dapat memperoleh Formulir Pendaftaran setelah melengkapi data lamaran secara online pada alamat situs web diatas;
  • Seluruh proses Rekrutmen CPNS Kementerian Sosial RI tidak dipungut biaya apapun;
  • Kementerian Sosial RI tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun oleh oknum-oknum yang mengatas-namakan Kementerian Sosial RI atau Tim Pelaksana Pengadaan CPNS;
  • Lamaran yang telah diajukan sebelum pengumuman ini dinyatakan tidak berlaku dan wajib dikirim kembali sesuai ketentuan diatas;
  • Seluruh keputusan Tim Pelaksana Pengadaan CPNS adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Sumber
Share this article :
 
About | Privacy Policy | Contact Us | Disclaimer
Copyright © 2013. Jobelist.blogspot.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger