Home » , , , » Lowongan Kerja PT KAI Lulusan D3 dan S1

Lowongan Kerja PT KAI Lulusan D3 dan S1

Written By Unknown on Thursday, March 13, 2014 | 2:00 PM

Advertisements
Lowongan S1 D3 PT Kereta Api - PT Kereta Api Indonesia (Persero) - PT KAI  adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. Layanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) meliputi angkutan penumpang dan barang. Pada akhir Maret 2007, DPR mengesahkan revisi UU No. 13/1992 yang menegaskan bahwa investor swasta maupun pemerintah daerah diberi kesempatan untuk mengelola jasa angkutan kereta api di Indonesia. Pada tanggal 14 Agustus 2008 PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan pemisahan Divisi Jabotabek menjadi PT Kereta Api Commuter Jabotabek (KCJ) untuk mengelola kereta api penglaju di daerah Jakarta dan sekitarnya. selama tahun 2008 jumlah penumpang melebihi 197 juta.

Kehadiran kereta api di Indonesia ditandai dengan pencangkulan pertama pembangunan jalan KA di desa Kemijen, Jum’at tanggal 17 Juni 1864 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. L.A.J Baron Sloet van den Beele. Pembangunan diprakarsai oleh Naamlooze Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NV. NISM) yang dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes dari Kemijen menuju desa Tanggung (26 Km) dengan lebar sepur 1435 mm. Ruas jalan ini dibuka untuk angkutan umum pada hari Sabtu, 10 Agustus 1867.

Keberhasilan swasta, NV. NISM membangun jalan KA antara Kemijen – Tanggung, yang kemudian pada tanggal 10 Februari 1870 dapat menghubungkan kota Semarang – Surakarta (110 Km), akhirnya mendorong minat investor untuk membangun jalan KA di daerah lainnya. Tidak mengherankan, kalau pertumbuhan panjang jalan rel antara 1864 – 1900 tumbuh de-ngan pesat. Kalau tahun 1867 baru 25 Km, tahun 1870 menjadi 110 Km, tahun 1880 mencapai 405 Km, tahun 1890 menjadi 1.427 Km dan pada tahun 1900 menjadi 3.338 Km.

Selain di Jawa, pembangunan jalan KA juga dilakukan di Aceh (1874), Sumatera Utara (1886), Sumatera Barat (1891), Sumatera Selatan (1914), bahkan tahun 1922 di Sulawasi juga telah dibangun jalan KA sepanjang 47 Km antara Makasar-Takalar, yang pengoperasiannya dilakukan tanggal 1 Juli 1923, sisanya Ujungpandang – Maros belum sempat diselesaikan. Sedangkan di Kalimantan, meskipun belum sempat dibangun, studi jalan KA Pontianak – Sambas (220 Km) sudah diselesaikan. Demikian juga di pulau Bali dan Lombok, pernah dilakukan studi pembangunan jalan KA.

Sampai dengan tahun 1939, panjang jalan KA di Indonesia mencapai 6.811 Km. Tetapi, pada tahun 1950 panjangnya berkurang menjadi 5.910 km, kurang Iebih 901 Km raib, yang diperkirakan karena dibongkar semasa pendudukan Jepang dan diangkut ke Burma untuk pembangunan jalan KA di sana.

Jenis jalan rel KA di Indonesia semula dibedakan dengan lebar sepur 1.067 mm; 750 mm (di Aceh) dan 600 mm di beberapa lintas cabang dan tram kota. Jalan rel yang dibongkar semasa pendudukan Jepang (1942 – 1943) sepanjang 473 Km, sedangkan jalan KA yang dibangun semasa pendudukan Jepang adalah 83 km antara Bayah – Cikara dan 220 Km antara Muaro – Pekanbaru. Ironisnya, dengan teknologi yang seadanya, jalan KA Muaro – Pekanbaru diprogramkan selesai pembangunannya selama 15 bulan yang mempekerjakan 27.500 orang, 25.000 diantaranya adalah Romusha. Jalan yang melintasi rawa-rawa, perbukitan, serta sungai yang deras arusnya ini, banyak menelan korban yang makamnya bertebaran sepanjang Muaro- Pekanbaru.

Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamir-kan pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan KA yang tergabung dalam Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) mengambil alih kekuasa-an perkeretaapian dari pihak Jepang. Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada tanggal 28 September 1945. Pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan sejumlah anggota AMKA lainnya, menegaskan bahwa mulai tanggal 28 September 1945 kekuasaan perkeretaapian berada di tangan bangsa Indonesia. Orang Jepang tidak diperbolehkan campur tangan lagi urusan perkeretaapi-an di Indonesia. Inilah yang melandasi ditetapkannya 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api di Indonesia, serta dibentuknya Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI).

Kontak PT Kereta Api Indonesia (Persero)

www.kereta-api.co.id



Lowongan Kerja PT KAI
www.kereta-api.co.id


PT. Kereta Api Indonesia (Persero) - PT KAI adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa transportasi terbesar di Indonesia, yang mengutamakan profesionalisme dan kinerja, memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik Indonesia untuk berkarier sebagai :

Sarjana (S1)
  1. Teknik Mesin
Diploma III (D.III)
  1. Teknik Mesin
  2. Teknik Elektro
  3. Teknik Sipil
  4. Arsitektur/Desain Grafis
1. Kriteria Pelamar :
  • a. Warga Negara Indonesia;
  • b. Usia :
    • i). Tingkat Sarjana (S1) setinggi-tingginya 35 tahun per 31 Maret 2014
    • ii). Tingkat Diploma (D3) setinggi-tingginya 30 tahun per 31 Maret 2014
  • c. Memiliki ijazah Sarjana (S1) dan Diploma.III (D3), dengan akreditasi:
    • i). Tingkat Sarjana (S1) : dari PTN/PTS terakreditasi “A” pada saat tanggal kelulusan
    • ii). Tingkat Diploma (D3) : dari PTS terakreditasi “A” dan PTN terakreditasi “B” pada saat tanggal kelulusan
  • d. IPK minimal 2,95
  • e. Pria, tinggi badan minimal 160 cm.
  • f. Tidak ada ikatan kerja langsung dengan instansi lain termasuk dengan PT KERETA API INDONESIA (PERSERO).
  • g. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat dari POLRI (SKCK).
  • h. Sehat jasmani dan rohani serta tidak buta warna.
  • i. Tidak pernah terlibat narkoba dan atau psikotropika.
  • j. Tidak bertindik dan bertato.
  • k. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja perusahaan .
2. Persyaratan umum lamaran :
  • a. Fotocopy Ijazah S1/D3 yang dilegalisir
  • b. Fotocopy Transkrip nilai S1/D3 yang dilegalisir
  • c. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
  • d. Fotocopy Sertifikat Akreditasi Jurusan / Program Studi pada tanggal kelulusan dari BAN PT dan atau dilegalisir oleh fakultas/universitas.
  • e. Curicullum Vitae, mencantumkan pengalaman bekerja dari instansi, sertifikat (keahlian / kejuruan), Ijazah tertinggi yang dimiliki bila ada.
  • f. Pas foto berwarna ukuran 4 X 6 (4 buah)
  • g. Surat lamaran ditandatangani di atas materai Rp.6.000,00 (enam ribu rupiah)
  • h. Surat keterangan bebas narkoba dari instansi yang berwenang
  • i. Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Kepolisian yang masih berlaku
  • j. Surat keterangan/pengalaman kerja dari instansi.
  • k. Surat pernyataan tidak ada ikatan kerja langsung dengan instansi lain termasuk dengan PT KERETA API INDONESIA (PERSERO)
3. Tahapan Seleksi :
  • a. Tahap I : Seleksi Administrasi
  • b. Tahap II : Wawancara
  • c. Tahap III : Tes Psikologi
  • d. Tahap IV : Tes Kesehatan
4. Prosedur pelaksanaan Tes :
  • a. Proses Entry dan upload data lamaran :
    • i) Pelamar entry dan upload data melalui web rekrut.kereta-api.co.id mulai tanggal 11-14 Maret 2014 poin 2. a sampai f pada persyaratan umum lamaran.
    • ii) Pelamar datang ke stand PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) di Bursa Karir ITS pada tanggal 19-20 Maret 2014 dengan membawa berkas poin 2. a sampai f pada persyaratan umum lamaran untuk divalidasi.
  • b. Petugas melakukan seleksi administrasi dan validasi dengan melihat kriteria pelamar (Jurusan, akreditasi, IPK dan usia).
  • c. Pengumuman dan pemanggilan peserta lulus seleksi administrasi :
    • i) Tahap pertama akan diumumkan di website rekrut.kereta-api.co.id pada tanggal 20 Maret 2014 untuk mengikuti seleksi wawancara yang dilaksanakan tanggal 21 Maret 2014.
    • ii) Tahap kedua akan diumumkan di website rekrut.kereta-api.co.id pada tanggal 21 Maret 2014 untuk mengikuti seleksi wawancara yang dilaksanakan tanggal 22 Maret 2014.
  • d. Pengumuman dan pemanggilan peserta yang lulus tahap seleksi wawancara akan diumumkan di website rekrut.kereta-api.co.id pada tanggal 23 Maret 2014 dan berhak mengikuti tahapan Tes Psikologi yang dilaksanakan tanggal 24 dan 25 Maret 2014.
5. Ketentuan lainnya :
  • Contoh soal Tes Masuk BUMN : Klik Disini
  • Dalam proses seleksi ini tidak dipungut biaya apapun dan dihimbau untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu kelulusan.
  • Dalam proses seleksi ini berlaku sistem gugur dan keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.
  • Sumber
Share this article :
 
About | Privacy Policy | Contact Us | Disclaimer
Copyright © 2013. Jobelist.blogspot.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger