Inilah Formasi, Persyaratan dan Pendaftaran Lowongan CPNS BPN RI. Badan Pertanahan Nasional - BPN adalah Lembaga Pemerintah Non Kementrian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden dan dipimpin oleh Kepala. (Sesuai dengan Perpres No. 63 Tahun 2013)
Badan Pertanahan Nasional mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pertanahan secara nasional, regional dan sektoral sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
VISI BPN RI
Menjadi lembaga yang mampu mewujudkan tanah dan pertanahan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, serta keadilan dan keberlanjutan sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan Republik Indonesia.
MISI BPN RI
Mengembangkan dan menyelenggarakan politik dan kebijakan pertanahan untuk:
- Peningkatan kesejahteraan rakyat, penciptaan sumber-sumber baru kemakmuran rakyat, pengurangan kemiskinan dan kesenjangan pendapatan, serta pemantapan ketahanan pangan.
- peningkatan tatanan kehidupan bersama yang lebih berkeadilan dan bermartabat dalam kaitannya dengan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah (P4T).
- Perwujudan tatanan kehidupan bersama yang harmonis dengan mengatasi berbagai sengketa, konflik dan perkara pertanahan di seluruh tanah air dan penataan perangkat hukum dan sistem pengelolaan pertanahan sehingga tidak melahirkan sengketa, konflik dan perkara di kemudian hari.
- Keberlanjutan sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan Indonesia dengan memberikan akses seluas-luasnya pada generasi yang akan datang terhadap tanah sebagai sumber kesejahteraan masyarakat. Menguatkan lembaga pertanahan sesuai dengan jiwa, semangat, prinsip dan aturan yang tertuang dalam UUPA dan aspirasi rakyat secara luas.
FUNGSI BPN RI
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, BPN menyelenggarakan fungsi:
- Perumusan kebijakan nasional di bidang pertanahan.
- Perumusan kebijakan teknis di bidang pertanahan.
- Koordinasi kebijakan, perencanaan dan program di bidang pertanahan.
- Pembinaan dan pelayanan administrasi umum di bidang pertanahan.
- Penyelenggaraan dan pelaksanaan survei, pengukuran dan pemetaan di bidang pertanahan.
- Pelaksanaan pendaftaran tanah dalam rangka menjamin kepastian hukum.
- Pengaturan dan penetapan hak-hak atas tanah.
- Pelaksanaan penatagunaan tanah, reformasi agraria dan penataan wilayah-wilayah khusus.
- Penyiapan administrasi atas tanah yang dikuasai dan/atau milik negara/daerah bekerja sama dengan Departemen Keuangan.
- Pengawasan dan pengendalian penguasaan pemilikan tanah.
- Kerja sama dengan lembaga-lembaga lain.
- Penyelenggaraan dan pelaksanaan kebijakan, perencanaan dan program di bidang pertanahan.
- Pemberdayaan masyarakat di bidang pertanahan.
- Pengkajian dan penanganan masalah, sengketa, perkara dan konflik di bidang pertanahan.
- Pengkajian dan pengembangan hukum pertanahan.
- Penelitian dan pengembangan di bidang pertanahan.
- Pendidikan, latihan dan pengembangan sumber daya manusia di bidang pertanahan.
- Pengelolaan data dan informasi di bidang pertanahan.
- Pembinaan fungsional lembaga-lembaga yang berkaitan dengan bidang pertanahan.
- Pembatalan dan penghentian hubungan hukum antara orang, dan/atau badan hukum dengan tanah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Fungsi lain di bidang pertanahan sesuai peraturan perundangundangan yang berlaku.
Lowongan CPNS BPN RI
www.bpn.go.id |
PENGUMUMAN
NOMOR 20/Peng-100/VIII/2014
TENTANG
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS / ASN) GOLONGAN II DAN III
BADAN PERTANAHAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA
FORMAIS TAHUN ANGGARAN 2014
NOMOR 20/Peng-100/VIII/2014
TENTANG
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS / ASN) GOLONGAN II DAN III
BADAN PERTANAHAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA
FORMAIS TAHUN ANGGARAN 2014
Dalam rangka mengisi formasi jabatan yang lowong, Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia memberi kesempatan kepada putra-putri terbaik bangsa untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil melalui seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan II dan III Tahun Anggaran 2014 dengan jabatan dan kualifikasi pendidikan sebagai berikut:
Formasi CPNS BPN 2014
- Analis Permohonan Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah : Sarjana (Hukum)
- Analis Pengelola Barang Milik Negara : Sarjana (Ekonomi Manajemen/Hukum Administrasi Negara/Manajemen/ Kebijakan Publik/Ekonomi Pembangunan)
- Pengadministrasi Keuangan : Diploma III (Manajemen/Akuntansi / Komputer Akuntansi)
- Verifikator Berkas Permohonan Hak : Diploma III (Administrasi Pertanahan/ Survey dan Pemetaan)
- Pengolah Data Pengukuran dan Pemetaan : Diploma I (Pengukuran dan Pemetaan Kadastral)
- Pengadministrasi Umum : SMK (Bisnis dan Manajemen/Teknologi Informasi dan Komputer)
A. PERSYARATAN PENDAFTARAN CPNS BPN RI
I. Persyaratan Umum :
a. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945.
b. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian.
c. Bersedia ditempatkan pada Unit Kerja sesuai dengan pilihan pada pendaftaran online, dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas materai Rp6.000,-.
d. Berkeadaan sehat, dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani yang dibuat oleh Dokter Rumah Sakit Pemerintah.
e. Tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mengkonsumsi/Menggunakan Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif Lainnya dari unit pelayanan kesehatan pemerintah.
f. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota TNI/POLRI maupun pegawai swasta, dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas materai Rp6.000,-.
g. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil dan tidak sedang terikat perjanjian atau kontrak kerja dengan instansi lain, dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas materai Rp 6.000,-.
(Persyaratan huruf b s.d. g dilengkapi setelah dinyatakan lulus seleksi CPNS)
a. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945.
b. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian.
c. Bersedia ditempatkan pada Unit Kerja sesuai dengan pilihan pada pendaftaran online, dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas materai Rp6.000,-.
d. Berkeadaan sehat, dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani yang dibuat oleh Dokter Rumah Sakit Pemerintah.
e. Tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mengkonsumsi/Menggunakan Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif Lainnya dari unit pelayanan kesehatan pemerintah.
f. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota TNI/POLRI maupun pegawai swasta, dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas materai Rp6.000,-.
g. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil dan tidak sedang terikat perjanjian atau kontrak kerja dengan instansi lain, dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas materai Rp 6.000,-.
(Persyaratan huruf b s.d. g dilengkapi setelah dinyatakan lulus seleksi CPNS)
II. Persyaratan Khusus:
a. Usia:
1. Minimal pada tanggal 1 September 2014 telah berusia 18 tahun untuk semua jenjang pendidikan
2. Maksimal pada tanggal 1 September 2014:
- Sarjana : 28 tahun
- Diploma III : 25 tahun
- Diploma I : 34 tahun
- SMK : 23 tahun
b. Rata Rata Nilai STTB dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
1. Bagi pelamar dengan kualifikasi pendidikan SMK, rata-rata nilai STTB minimal 7,00
2. Bagi pelamar dengan kualifikasi pendidikan Diploma I, IPK minimal 2,00
3. Bagi pelamar dengan kualifikasi pendidikan Diploma III:
- Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan Program Studi Terakreditasi A, IPK minimal 2,75
- Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan Program Studi Terakreditasi B, IPK minimal 3,00
- Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan Program Studi Terakreditasi C, IPK minimal 3,25
4. Bagi pelamar dengan kualifikasi pendidikan Sarjana:
- Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan Program Studi Terakreditasi A, IPK minimal 2,75
- Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan Program Studi Terakreditasi B, IPK minimal 3,00
a. Usia:
1. Minimal pada tanggal 1 September 2014 telah berusia 18 tahun untuk semua jenjang pendidikan
2. Maksimal pada tanggal 1 September 2014:
- Sarjana : 28 tahun
- Diploma III : 25 tahun
- Diploma I : 34 tahun
- SMK : 23 tahun
b. Rata Rata Nilai STTB dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
1. Bagi pelamar dengan kualifikasi pendidikan SMK, rata-rata nilai STTB minimal 7,00
2. Bagi pelamar dengan kualifikasi pendidikan Diploma I, IPK minimal 2,00
3. Bagi pelamar dengan kualifikasi pendidikan Diploma III:
- Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan Program Studi Terakreditasi A, IPK minimal 2,75
- Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan Program Studi Terakreditasi B, IPK minimal 3,00
- Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan Program Studi Terakreditasi C, IPK minimal 3,25
4. Bagi pelamar dengan kualifikasi pendidikan Sarjana:
- Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan Program Studi Terakreditasi A, IPK minimal 2,75
- Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan Program Studi Terakreditasi B, IPK minimal 3,00
B. PENDAFTARAN
1. Pendaftaran secara online dibuka mulai tanggal 27 Agustus 2014 sampai dengan tanggal 10 September 2014.
2. Pendaftaran dilakukan secara online melalui portal nasional dengan alamat : http://panselnas.menpan.go.id. dilanjutkan ke http://sscn.bkn.go.id.
3. Pelamar wajib memilih Nama Jabatan dan Lokasi Unit Kerja Penempatan, serta Lokasi Ujian (Tes Kompetensi Dasar) yang tersedia pada saat melakukan pendaftaran.
4. Bagi Pelamar yang telah melakukan pendaftaran dan oleh sistem dinyatakan memenuhi syarat, akan mendapatkan nomor registrasi yang harus dicetak, dan untuk selanjutnya dikirimkan bersama berkas persyaratan lain yang ditentukan.
5. Berkas yang harus dilengkapi meliputi :
a. Surat lamaran yang ditandatangani di atas materai Rp6.000,- yang ditujukan kepada:
1. Pendaftaran secara online dibuka mulai tanggal 27 Agustus 2014 sampai dengan tanggal 10 September 2014.
2. Pendaftaran dilakukan secara online melalui portal nasional dengan alamat : http://panselnas.menpan.go.id. dilanjutkan ke http://sscn.bkn.go.id.
3. Pelamar wajib memilih Nama Jabatan dan Lokasi Unit Kerja Penempatan, serta Lokasi Ujian (Tes Kompetensi Dasar) yang tersedia pada saat melakukan pendaftaran.
4. Bagi Pelamar yang telah melakukan pendaftaran dan oleh sistem dinyatakan memenuhi syarat, akan mendapatkan nomor registrasi yang harus dicetak, dan untuk selanjutnya dikirimkan bersama berkas persyaratan lain yang ditentukan.
5. Berkas yang harus dilengkapi meliputi :
a. Surat lamaran yang ditandatangani di atas materai Rp6.000,- yang ditujukan kepada:
Tim Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil
Biro Organisasi dan Kepegawaian Badan Pertanahan Nasional RI
Jl. Sisingamangaraja No. 2 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12014
Biro Organisasi dan Kepegawaian Badan Pertanahan Nasional RI
Jl. Sisingamangaraja No. 2 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12014
b. Hasil cetak Nomor Registrasi yang diperoleh pada saat melakukan pendaftaran secara online dan ditandatangani.
c. Pasfoto terbaru ukuran 3x4 cm (hitam putih) sebanyak 1 lembar (cantumkan nama di belakang foto).
d. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
e. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir oleh :
- Universitas/Institut : Rektor/Dekan/Pembantu Dekan Bidang Akademik
- Sekolah Tinggi : Ketua/Pembantu Ketua Bidang Akademik
- Sekolah : Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah
f. Hasil cetak penetapan Akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (dapat dicetak pada http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php). (urutan ini berlaku untuk penyusunan berkas pada map lamaran)
6. Surat lamaran beserta berkas lampirannya disusun rapi sesuai urutan dalam map dan dimasukkan dalam amplop coklat dengan dituliskan kata ”LAMARAN” pada pojok kanan atas, dengan warna map sebagai berikut:
a. Warna Merah Tua untuk Jabatan Analis Permohonan Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah;
b. Warna Merah Muda untuk Jabatan Analis Pengelola Barang Milik Negara;
c. Warna Hijau untuk Jabatan Pengadministrasi Keuangan;
d. Warna Biru Tua untuk Jabatan Verifikator Berkas Permohonan Hak;
e. Warna Biru Muda untuk Jabatan Pengolah Data Pengukuran dan Pemetaan;
f. Warna Kuning untuk Jabatan Pengadministrasi Umum.
7. Kelengkapan berkas sebagaimana tersebut pada angka 5 di atas dikirim melalui Pos atau Jasa Pengiriman mulai tanggal 26 Agustus 2014 dan paling lambat diterima Tim Pengadaan CPNS tanggal 12 September 2014 pukul 16.00 WIB.
8. Alamat tempat tinggal tetap (alamat surat) agar ditulis jelas dan lengkap dengan huruf kapital pada bagian belakang amplop.
9. Tim Pengadaan CPNS tidak menerima serta tidak akan memproses lamaran yang diantar langsung ke Kantor Pusat BPN RI.
10. Berkas lamaran yang tidak lengkap atau tidak disertai nomor registrasi dinyatakan tidak memenuhi syarat.
11. Bagi pelamar yang diketahui telah memberikan/ mengisi data yang tidak benar pada saat mendaftar, Tim Pengadaan CPNS membatalkan keikutsertaannya dalam seleksi penerimaan CPNS BPN RI.
12. Berkas lamaran yang diterima Tim Pengadaan CPNS menjadi milik Tim Pengadaan CPNS dan tidak dapat diminta kembali oleh pelamar.
c. Pasfoto terbaru ukuran 3x4 cm (hitam putih) sebanyak 1 lembar (cantumkan nama di belakang foto).
d. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
e. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir oleh :
- Universitas/Institut : Rektor/Dekan/Pembantu Dekan Bidang Akademik
- Sekolah Tinggi : Ketua/Pembantu Ketua Bidang Akademik
- Sekolah : Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah
f. Hasil cetak penetapan Akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (dapat dicetak pada http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php). (urutan ini berlaku untuk penyusunan berkas pada map lamaran)
6. Surat lamaran beserta berkas lampirannya disusun rapi sesuai urutan dalam map dan dimasukkan dalam amplop coklat dengan dituliskan kata ”LAMARAN” pada pojok kanan atas, dengan warna map sebagai berikut:
a. Warna Merah Tua untuk Jabatan Analis Permohonan Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah;
b. Warna Merah Muda untuk Jabatan Analis Pengelola Barang Milik Negara;
c. Warna Hijau untuk Jabatan Pengadministrasi Keuangan;
d. Warna Biru Tua untuk Jabatan Verifikator Berkas Permohonan Hak;
e. Warna Biru Muda untuk Jabatan Pengolah Data Pengukuran dan Pemetaan;
f. Warna Kuning untuk Jabatan Pengadministrasi Umum.
7. Kelengkapan berkas sebagaimana tersebut pada angka 5 di atas dikirim melalui Pos atau Jasa Pengiriman mulai tanggal 26 Agustus 2014 dan paling lambat diterima Tim Pengadaan CPNS tanggal 12 September 2014 pukul 16.00 WIB.
8. Alamat tempat tinggal tetap (alamat surat) agar ditulis jelas dan lengkap dengan huruf kapital pada bagian belakang amplop.
9. Tim Pengadaan CPNS tidak menerima serta tidak akan memproses lamaran yang diantar langsung ke Kantor Pusat BPN RI.
10. Berkas lamaran yang tidak lengkap atau tidak disertai nomor registrasi dinyatakan tidak memenuhi syarat.
11. Bagi pelamar yang diketahui telah memberikan/ mengisi data yang tidak benar pada saat mendaftar, Tim Pengadaan CPNS membatalkan keikutsertaannya dalam seleksi penerimaan CPNS BPN RI.
12. Berkas lamaran yang diterima Tim Pengadaan CPNS menjadi milik Tim Pengadaan CPNS dan tidak dapat diminta kembali oleh pelamar.
C. PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI
1. Pelamar yang memenuhi syarat administrasi akan dipanggil untuk mengikuti ujian (Tes Kompetensi Dasar/TKD) dengan menggunakan Computer Assisted Test.
2. Nama calon peserta ujian yang memenuhi syarat administrasi dan lokasi ujian akan diumumkan kemudian melalui website BPN RI, pengumuman tersebut berfungsi juga sebagai surat panggilan ujian.
1. Pelamar yang memenuhi syarat administrasi akan dipanggil untuk mengikuti ujian (Tes Kompetensi Dasar/TKD) dengan menggunakan Computer Assisted Test.
2. Nama calon peserta ujian yang memenuhi syarat administrasi dan lokasi ujian akan diumumkan kemudian melalui website BPN RI, pengumuman tersebut berfungsi juga sebagai surat panggilan ujian.
D. PELAKSANAAN UJIAN/SELEKSI
1. Waktu Ujian/Seleksi : akan diumumkan kemudian
2. Tempat Ujian/Seleksi : Terlampir
3. Materi Ujian TKD : - Tes Wawasan Kebangsaan, - Tes Intelegensia Umum, - Tes Karakteristik Pribadi
1. Waktu Ujian/Seleksi : akan diumumkan kemudian
2. Tempat Ujian/Seleksi : Terlampir
3. Materi Ujian TKD : - Tes Wawasan Kebangsaan, - Tes Intelegensia Umum, - Tes Karakteristik Pribadi
E. LAIN-LAIN
- Tes TKD CPNS akan dilakukan dengan sistem CAT. Bahan latihan CAT CPNS : Klik Disini
- Seleksi penerimaan CPNS BPN RI tidak dipungut biaya apapun.
- BPN RI tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan BPN RI atau Tim Pengadaan CPNS BPN RI, peserta diharapkan tidak melayani tawaran untuk mempermudah penerimaan sebagai CPNS BPN RI.
- Lamaran yang dikirim kepada BPN RI sebelum pengumuman dan sesudah waktu yang ditentukan dianggap tidak berlaku.
- Sumber